perbedaan lele jantan dan betina
perbedaan lele jantan dan betina

Apa Perbedaan Lele Jantan dan Betina? Cek di Sini!

Halo Bapak/Ibu! Apakah selama ini Bapak/Ibu kesulitan dalam menemukan perbedaan lele jantan dan betina? Jika dilihat sekilas, perbedaannya memang tidak terlalu terlihat. Akan tetapi, ikan lele jantan dan betina mempunyai perbedaan yang cukup signifikan jika dilihat dengan seksama, terutama dari segi fisik.

Sebelum Bapak/Ibu membaca penjelasan mengenai perbedaan lele jantan dan betina, ketahui ciri ciri ikan lele secara umum di artikel ini!

Ciri Fisik Ikan Lele

Ikan lele atau Clarias sp. adalah ikan yang tidak memiliki sisik. Tubuh ikan lele dilindungi oleh kulit yang licin dan berlendir. Dengan bentuk tubuh yang memanjang, ikan lele juga memiliki sirip punggung dan sirip anus yang juga ikut memanjang.

Untuk memudahkannya beraktivitas di air yang gelap, tubuh ikan lele dilengkapi dengan 4 sungut peraba atau barbels. Empat sungut peraba ini juga berguna sebagai alat pendeteksi untuk menemukan sumber makanan dalam gelap serta melindunginya dari serangan. Keberadaan sungut peraba sangat penting bagi ikan lele karena lele merupakan ikan nokturnal yang aktif di malam hari.

Cara Membedakan Ikan Lele Jantan dan Betina

Baik lele jantan maupun lele betina sama-sama mempunyai 4 sungut peraba, kulit yang licin, dan tubuh yang memanjang. Lantas, apa yang membedakan keduanya dari segi fisik serta perilaku? Yuk, baca penjelasannya di bawah!

1. Perbedaan Warna Kulit

Kulit Ikan Lele Betina

Lele betina mempunyai warna tubuh cokelat kemerahan yang lebih cerah jika dibandingkan dengan lele jantan. Berbanding terbalik dengan warna badannya, warna sirip punggung lele betina cenderung lebih gelap. Selain itu, yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan lele jantan dan lele betina dari segi kulit adalah tingkat kehalusannya. Jika disentuh, kulit lele betina akan terasa lebih halus dibanding lele jantan.

Kulit Ikan Lele Jantan

Jika lele betina mempunyai warna kulit cokelat kemerahan yang lebih cerah, lele jantan mempunyai warna kulit yang cenderung lebih gelap. Walaupun memiliki tubuh yang berwarna lebih gelap, lele jantan memiliki warna sirip punggung yang lebih terang dengan kulit yang bertekstur kasar. Lele jantan yang sudah dewasa akan memiliki bintik-bintik kecil pada daerah sirip punggung. Kemunculan bintik-bintik yang tidak akan terjadi pada lele betina dewasa ini sangat bisa dijadikan acuan untuk menentukan jenis kelamin ikan lele.

2. Perbedaan Bentuk Tubuh

Bentuk Tubuh Ikan Lele Betina

bentuk tubuh ikan lele
Sumber: arenahewan.com

Kebanyakan lele betina memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan berisi dengan perut yang buncit dan lembek. Perut lele betina berbentuk lebih lebar karena dipergunakan untuk menampung telur yang nantinya akan menjadi bibit lele. Perbedaan bentuk tubuh antara lele jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Lele betina akan mempunyai bentuk kepala yang lebih besar dari lele jantan. Ukuran sirip punggung juga mempengaruhi kelamin lele. Lele betina akan mempunyai ukuran sirip punggung yang lebih pendek dari lele jantan.

Bentuk Tubuh Ikan Lele Jantan

perbedaan ikan lele jantan dan betina
Sumber: Dokumentasi eFishery

Lele jantan mempunyai tubuh yang lebih ramping dari lele betina. Ukuran kepalanya juga lebih kecil serta terlihat agak gepeng dan pendek. Lele jantan dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang memanjang dengan tekstur perut yang terasa kenyal. Selain itu, lele jantan mempunyai moncong yang cenderung lebih runcing dan panjang. Bapak/Ibu juga bisa membedakan lele jantan dan betina melalui ukuran sirip punggungnya karena lele jantan memiliki sirip punggung yang lebih panjang dari lele betina.

Akan tetapi, bentuk tubuh dan bentuk kepala bersifat relatif sehingga sulit untuk menjadi faktor penentu jenis kelamin ikan lele. Untuk itu, Bapak/Ibu disarankan untuk menggunakan beberapa ekor lele sebagai pembanding.

3. Perbedaan Gerakan

Gerakan Ikan Lele Betina

Karena bentuk tubuhnya yang lebih gemuk dan cenderung berisi, lele betina bergerak dengan lebih lambat sehingga mudah untuk ditangkap. Namun, hal ini tidaklah bisa dijadikan penentu utama dalam menentukan yang mana lele jantan dan betina. Sebagian lele betina juga memiliki gerakan lincah dan gesit menyerupai lele jantan. Perlu banyak pengalaman untuk bisa menentukan jenis kelamin lele dengan hanya melihat dari cara geraknya.

Gerakan Ikan Lele Jantan

Dengan tubuhnya yang langsing dan panjang, gerakan lele jantan akan lebih gesit dan lincah dibanding lele betina. Selain lebih lincah, lele jantan juga terlihat lebih agresif daripada lele betina yang cenderung lebih pasif. Untuk membedakan jenis kelamin lele dari kelincahannya, Bapak/Ibu bisa memasukkan seekor lele betina dan beberapa lele jantan dewasa ke dalam satu wadah. Lele-lele jantan pun akan memperebutkan si betina dengan sendirinya.

4. Perbedaan Bentuk Alat Kelamin

alat kelamin ikan lele
Sumber: tanipedia.co.id

Alat Kelamin Ikan Lele Betina

Setelah mengetahui perbedaan lele betina dari bentuk tubuh, apakah Bapak/Ibu sudah bisa menentukan yang mana lele jantan dan betina jika melihat gambar di atas? Pada gambar di atas, lele betina terletak di bawah sedangkan lele jantan terletak di atas. 

Di gambar tersebut terlihat dengan jelas lele betina mempunyai perut yang lebar. Selain itu, perbedaan terlihat lebih jelas dari bentuk alat kelamin yang dimiliki masing-masing lele. Lele betina mempunyai alat kelamin yang berbentuk bulat, memiliki lubang yang melebar, dan berwarna merah.

Alat Kelamin Ikan Lele Jantan

Pada gambar yang ada di atas, bentuk kelamin lele jantan terlihat sangat jelas dan berbeda dari lele betina. Alat kelamin lele jantan berbentuk runcing dan berwarna kemerahan. Warna kemerahan ini menandakan bahwa lele sudah siap kawin. Pada lele jantan, alat kelamin terletak di bawah anus dan berbentuk memanjang ke arah belakang.

Budidaya Ikan Lele Makin Mudah dan Lancar dengan Kabayan

Apakah Bapak/Ibu berminat untuk mengembangkan bisnis budidaya ikan lele dengan cepat? Yuk, kenalan dengan Kabayan dari eFishery!

Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) merupakan penyedia akses ke institusi finansial terpercaya serta diawasi/berizin OJK yang bisa membantu Bapak/Ibu mendapatkan pakan berkualitas dengan sistem pembayaran tempo. Dengan proses cepat dan persyaratan mudah, budidaya lele pun makin lancar pakai Kabayan.

Isi formulir berikut untuk mendapatkan akses ke Kabayan!

Dapatkan Akses ke Lembaga Finansial yang Terpercaya, Terdaftar & Diawasi OJK!

Isi data diri Bapak/Ibu di formulir berikut ini. Tim kami akan segera menghubungi Bapak/Ibu melalui nomor handphone yang terlampir. Pastikan data yang diisi sudah benar.