pakan alami ikan lele dari tumbuhan
pakan alami ikan lele dari tumbuhan

Berbagai Jenis Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan

Pakan alami ikan lele dari tumbuhan adalah salah satu jenis pakan alami yang efektif bagi tumbuh kembang ikan lele. Pakan dari tumbuhan ini umumnya sering dijadikan pakan alternatif ikan lele saja.

Namun, beberapa jenis tumbuhan dengan kandungan nutrisi tertentu juga bisa dijadikan pakan utama. Biasanya, pakan ikan lele yang terbuat dari tumbuhan mengandung serat tinggi yang baik bagi pencernaan ikan.

Yuk, ketahui jenis-jenis tumbuhan yang bisa dijadikan pakan ikan lele di artikel ini!

Jenis-Jenis Pakan Ikan Lele

Pakan merupakan faktor penentu kesuksesan budidaya ikan. Dalam budidaya ikan lele, pakan dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Kedua jenis pakan lele tersebut mempunyai kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda.

Lantas, apa saja perbedaannya? Yuk, simak sama-sama!

1. Pakan Alami

Pakan alami adalah pakan yang dibuat dari berbagai macam bahan organik yang diambil langsung dari alam dan sama sekali tidak mengandung bahan kimia. Untuk membuat pakan alami, Bapak/Ibu bisa mencampurkan protein hewani maupun nabati.

Pakan alami cocok digunakan pada masa awal siklus budidaya karena beberapa jenisnya mempunyai ukuran yang kecil sehingga mudah dicerna ikan. Pakan alami bisa menekan biaya budidaya karena harganya yang terjangkau dan bisa dengan mudah dijumpai di alam.

2. Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan yang dibuat di pabrik dengan kandungan nutrisi yang sudah diatur sedemikian rupa oleh ahli pakan. Salah satu contoh populer pakan buatan adalah pelet. Pelet adalah pakan buatan yang sangat direkomendasikan untuk membantu pertumbuhan ikan. Biasanya, semakin lengkap kandungan nutrisi yang terdapat di dalam pelet, semakin mahal juga harganya.

Pakan Alami Ikan Lele dari Tumbuhan

1. Daun Pepaya

daun pepaya
Sumber: Detik

Daun pepaya adalah salah satu jenis pakan alami ikan lele yang sangat mudah ditemukan dengan harga terjangkau. Selain itu, daun pepaya mengandung zat yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga lele terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Daun pepaya juga dikenal efektif dalam menjaga kadar pH keasaman air kolam.

Ada 2 cara yang bisa Bapak/Ibu gunakan dalam pemberian daun pepaya untuk ikan lele. Cara yang pertama adalah dengan memberikan daun pepaya secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Dengan cara ini, Bapak/Ibu bisa langsung masukkan beberapa lembar daun pepaya ke dalam kolam lalu tunggu beberapa hari hingga daun ditumbuhi lumut. Setelah lumut tumbuh di sekitar daun pepaya, ikan lele pun akan memakannya dengan lahap.

Cara yang kedua adalah dengan memotongnya dengan halus serta mencampurkannya dengan air dan pelet. Setelah tercampur dengan rata, rebus dan aduk adonan tersebut hingga teksturnya berubah menjadi seperti bubur. Terakhir, bentuk adonan menjadi bulat-bulat sebelum disebarkan ke kolam ikan lele.

2. Daun Singkong

daun singkong
Sumber: Cody Cove Farm & Nursery

Selain daun pepaya, daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan tambahan untuk lele budidaya. Daun singkong mengandung banyak protein yang baik untuk tumbuh kembang ikan lele. Daun yang mudah didapatkan ini kebanyakan dihargai dengan harga yang sangat murah sehingga bisa menghemat pengeluaran budidaya.

Untuk memberikan daun singkong kepada ikan lele, Bapak/Ibu bisa mengolahnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencuci daun singkong hingga bersih terlebih dahulu. Lalu, rebus daun singkong hingga mendidih, tiriskan dengan cara diperas.

Setelah itu, jemur daun singkong di bawah sinar matahari hingga kering, lalu haluskan daun dengan blender. Terakhir, campur daun singkong yang sudah halus dengan telur atau tepung ikan secara merata. Pakan pun sudah siap diberikan untuk ikan lele!

3. Batang Pisang

batang pisang
Sumber: Tribun Jogja

Batang pohon pisang cocok dijadikan pakan lele jika lele sudah berusia 1-2 minggu. Untuk memudahkan pengolahannya, pertama potong potong batang pisang menjadi beberapa bagian. Setelah itu bersihkan zat lilin yang menempel dan masukkan ke kolam lele. Diamkan selama 2-3 hari, nantinya larva akan muncul dari batang pisang. Larva inilah yang nantinya akan menjadi makanan ikan lele.

4. Daun Talas

daun talas
Sumber: Antara News Sumatera Barat

Daun talas cocok dijadikan sebagai pakan alternatif ikan lele. Daun talas kaya akan energi, lemak, protein, dan karbohidrat yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele. Selain itu, daun talas juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kualitas air kolam.

Sebelum diberikan ke ikan lele, daun talas perlu diolah terlebih dahulu. Pertama, siapkan beberapa lembar daun talas dan pisahkan daun dengan tangkainya. Agar mudah ditelan ikan lele, potong daun menjadi kecil. Bapak/Ibu juga bisa menambahkan bahan pakan lain, seperti tepung ikan, agar kandungan nutrisi pakan semakin lengkap.

5. Kangkung

kangkung
Sumber: Ilmu Budidaya

Sebagai salah satu tumbuhan lezat yang kaya akan nutrisi, kangkung tidak hanya disukai manusia, ikan lele juga menyukai tumbuhan sehat satu ini. Dengan keberadaannya yang mudah ditemukan dan harganya yang sangat terjangkau, kangkung sudah sering dijadikan pakan pengganti pelet.

Pemberian kangkung pada lele bisa dilakukan secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Kangkung biasanya diolah dengan tepung ikan untuk memperkuat aroma pakan agar nafsu makan lele semakin meningkat. Kandungan protein dan serat pada kangkung tergolong cukup tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan ikan lele.

6. Azolla microphylla

azolla
Sumber: Jurnal Asia

Azolla microphylla merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang banyak tumbuh di area sekitar rumah. Meski termasuk tumbuhan parasit, Azolla microphylla merupakan salah satu jenis pakan alternatif yang baik bagi pertumbuhan ikan. Namun, Azolla microphylla memiliki kandungan protein yang tergolong rendah sehingga hanya dapat dijadikan pakan selingan.

Dalam pemberiannya, Bapak/Ibu Pembudidaya harus menerapkan trik khusus agar lele mau memakan tumbuhan ini. Pasalnya, lele tidak akan mau memakan tumbuhan paku ini jika Bapak/Ibu masih memberikan pelet dalam jangka waktu 24 jam. Maka dari itu, hindari pemberian pelet dalam jangka waktu 24 jam agar lele mau memakan Azolla microphylla.

Beli Pakan Berkualitas & Bernutrisi Terbaik di eFishery Pakai Kabayan!

Jenis-jenis pakan alami ikan lele dari tumbuhan di atas memang baik kandungannya bagi pertumbuhan lele. Namun, memakai pakan buatan, seperti pelet, yang nutrisinya sudah disesuaikan oleh ahli pakan merupakan tindakan yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan ikan.

Kini, Bapak/Ibu bisa membeli pelet ikan lele secara online di aplikasi eFisheryKu pakai Kabayan yang semakin memudahkan pembayarannya. Kabayan menyediakan akses ke institusi finansial yang sudah aman, berizin, dan diawasi langsung oleh OJK. Dengan Kabayan, transaksi pakan akan makin mudah, budidaya pun jadi lancar.

Yuk beli pakan di eFisheryKu pakai Kabayan dengan mengisi form di bawah ini!

Dapatkan Akses ke Lembaga Finansial yang Terpercaya, Terdaftar & Diawasi OJK!

Isi data diri Bapak/Ibu di formulir berikut ini. Tim kami akan segera menghubungi Bapak/Ibu melalui nomor handphone yang terlampir. Pastikan data yang diisi sudah benar.

Pertanyaan Seputar Cara Pemberian Pakan Ikan Lele

Ya, bisa. Sayuran yang cocok untuk diberikan ke ikan lele adalah daun pepaya, daun singkong, daun talas, dan kangkung.

  • https://ikantawar.com/pakan-alami-ikan-lele-dari-tumbuhan-dan-hewan/
  • https://www.pakanpabrik.com/pakan-lele-alternatif-dari-tumbuhan/