cara mempercepat pertumbuahn udang dengan efeeder
cara mempercepat pertumbuahn udang dengan efeeder

Cara Mempercepat Pertumbuhan Udang dengan eFeeder, Ada Buktinya!

Artikel Ini Telah Direview dan Berkolaborasi Dengan:

Sangga Sulistyo
Sangga Sulistyo

Praktisi Aquaculture

Rifki Maulana
Rifki Maulana

Tech Consultant IoT

Cara mempercepat pertumbuhan udang dengan eFeeder merupakan salah satu langkah efektif yang bisa digunakan untuk mendapatkan target size udang dalam waktu singkat. eFeeder dari eFishery (sebelumnya dikenal sebagai eFishery Feeder) merupakan auto feeder pakan udang atau alat pemberi pakan udang otomatis yang bisa menebar pakan sesuai jadwal, frekuensi, jumlah, dan jarak yang diinginkan, bisa diatur dengan mudah melalui handphone.

Penggunaan eFeeder bisa mempercepat pertumbuhan karena pakan yang diberikan akan langsung dimakan oleh udang dan dimanfaatkan untuk tumbuh, sehingga target size udang segera terpenuhi dan masa pemeliharaan udang menjadi lebih cepat. Selain itu, eFeeder juga bisa menjaga kualitas air sehingga udang menjadi tidak mudah stres dan penyerapan nutrisi pakan oleh udang menjadi maksimal. 

Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan di bawah ini!

Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

Sebelum membahas cara mempercepat pertumbuhan udang dengan eFeeder, mari kita ulas faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan udang vaname.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi percepatan pertumbuhan udang, yaitu:

1. Kualitas Air

Kualitas air yang optimal akan mendukung udang untuk tumbuh lebih baik dan sehat sehingga terhindar dari stres yang menyebabkan kematian. Sebaliknya, kualitas air yang tidak terjaga akan menyebabkan udang menjadi stres sehingga pertumbuhannya menjadi lambat dan bahkan mati. 

2. Kualitas Benur

Benur yang berkualitas bisa menjadi faktor pertumbuhan udang yang baik. Ciri-ciri benur yang bagus adalah memiliki anggota tubuh yang lengkap, ukuran seragam, dan pergerakannya aktif. Kualitas benur yang buruk akan mempengaruhi pertumbuhan udang selama masa pemeliharaan. Maka dari itu, penting bagi Bapak/Ibu untuk mengetahui kualitas benur yang akan ditebar.

3. Pakan

Jenis dan kandungan nutrisi pakan dapat mendorong pertumbuhan udang menjadi lebih baik. Ketika jenis dan nutrisi tidak sesuai dengan kebutuhan udang, biasanya akan menyebabkan pertumbuhan udang lambat.

4. Faktor Cuaca

Cuaca sangat penting bagi pertumbuhan udang karena cuaca akan menentukan bagaimana kualitas air pada tambak. Cuaca yang terlalu ekstrem akan menyebabkan kualitas air mengalami perubahan yang drastis. Hal tersebut dapat memicu udang menjadi stres, bahkan mati.

5. Metode Pemberian Pakan

Metode pemberian pakan udang dapat mempercepat pertumbuhan pakan, contohnya metode pemberian pakan dengan menggunakan auto feeder pakan udang seperti eFeeder. eFeeder dapat memberi pakan sedikit demi sedikit, sehingga pakan akan langsung dimakan dan dimanfaatkan udang untuk tumbuh. 

Cara eFeeder Mempercepat Pertumbuhan Udang Vaname

foto efeeder di tambak udang
Sumber: eFishery

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, eFeeder merupakan auto feeder pakan udang atau pemberi pakan udang otomatis yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan udang. eFeeder bisa membantu Bapak/Ibu mengoptimalkan pakan yang dimiliki untuk mendapatkan udang yang sehat dan berukuran sesuai harapan.

Udang memiliki sifat tidak mudah kenyang dan terbiasa makan dengan metode continuous feeding atau makan sedikit demi sedikit namun terus-menerus. eFeeder udang mampu memenuhi sifat dan kebiasaan makan udang tersebut karena penebaran pakan bisa diatur secara terjadwal sesuai dengan kebutuhan dan nafsu makan udang.

Ada 3 metode pemberian pakan eFeeder Udang, yaitu:

  1. Basic, metode yang akan membagi pakan per hari sesuai jadwal yang diatur secara otomatis.
  2. Advanced, metode custom, di mana jadwal diatur sesuai dengan kebutuhan tambak.
  3. Continuous, metode yang secara otomatis bekerja 24 jam nonstop dengan jumlah pakan yang sudah diatur oleh Petambak. 

eFeeder akan bekerja sesuai dengan setting yang sudah Bapak/Ibu atur sesuai dengan kebutuhan udang. Dengan begitu, eFeeder dapat membantu udang cepat tumbuh karena jumlah pakan yang ditebar dapat memenuhi kebutuhan udang. Hal ini juga mencegah pemberian pakan secara berlebih (overfeeding), sehingga kualitas air tambak tetap terjaga. 

Intip Kisah Sukses Pak Ajat dalam Mempercepat Pertumbuhan Udang dengan eFeeder

doc sebelum dan sesudah penggunaan efeeder tambak pak ajat sudrajat
Sumber: eFishery

Pak Ajat Sudrajat merupakan seorang Petambak asal Cikalong, Tasikmalaya. Pak Ajat telah menggunakan eFeeder sejak tahun 2019 hingga saat ini. Setelah menggunakan eFeeder dengan metode continuous, penggunaan pakan lebih efisien, pertumbuhan udang menjadi optimal, dan kualitas air di kolam Pak Ajat menjadi lebih terjaga. Dengan metode continuous di eFeeder, kebiasaan makan udang yang continuous feeding, atau sedikit-sedikit namun terus-menerus, bisa dipenuhi karena eFeeder akan menebar pakan selama 24 jam nonstop, sesuai dengan jadwal yang sudah diatur.

Setelah menggunakan eFeeder, Pak Ajat bisa mempercepat pertumbuhan udang hingga 28,6%. Pak Ajat kini bisa memanen udangnya di DOC 90, di mana sebelumnya baru bisa dipanen di DOC 126. ADG udang mampu mencapai 0,6-0,7 dan FCR bisa turun dari 1,33 ke 1,19. 

Pak Ajat kemudian membandingkan hasil ini dengan kolam yang tidak menggunakan eFeeder. Ditemukan adanya perbedaan size hingga 12-16 bila tanpa eFeeder. Perubahan ini tentu sangat menguntungkan bagi Pak Ajat karena bisa meningkatkan profit bisnis budidaya udang yang dijalaninya.

Budidaya Udang Lebih Mudah dengan eFarm

Kini budidaya udang vaname akan jadi lebih mudah dengan eFisheryeFishery merupakan aplikasi andalan para petambak karena memiliki banyak fitur dan produk yang dapat mendukung keberhasilan budidaya udang Bapak/Ibu. Salah satunya adalah fitur Konsultasi Budidaya yang memberikan akses untuk berkonsultasi dan berdiskusi langsung dengan ahli budidaya.

Isi form di bawah dan download aplikasi eFarm untuk mendapatkan banyak manfaatnya!

Butuh Bantuan Terkait Bisnis Budidaya Udang?

Isi data diri Bapak/Ibu di formulir berikut ini. Tim kami akan segera menghubungi Bapak/Ibu melalui nomor handphone yang terlampir. Pastikan data yang diisi sudah benar.

Rifki Maulana - Tech Consultant IoT
Rifki Maulana - Tech Consultant IoT

Rifki menjadi bagian dari Tech Consultant Product IoT eFishery yang bertanggung jawab menganalisis kesiapan dan kerusakan produk IoT, seperti eFeeder

Sangga Sulistyo - Praktisi Aquaculture
Sangga Sulistyo - Praktisi Aquaculture

Sangga adalah praktisi Aquaculture yang memulai karirnya pada tahun 2003 dan sekarang menjadi Technical Support Manager eFishery untuk seluruh wilayah Indonesia

Pertanyaan Seputar Mempercepat Pertumbuhan Udang dengan eFeeder

Bisa, karena eFeeder dirancang sesuai dengan kebiasaan makan udang, sehingga pakan yang ditebar akan langsung dimakan dan dimanfaatkan oleh udang.

eFeeder membantu mempercepat pertumbuhan udang dengan cara memberi pakan sedikit-sedikit namun terus-menerus sehingga pakan akan langsung dimanfaatkan oleh udang untuk tumbuh. Selain itu, dengan menggunakan eFeeder, kualitas air lebih terjaga karena pakan yang terbuang hanya sedikit, sehingga tidak mencemarkan dan merusak kualitas air tambak. Ketika kualitas air berada di kisaran optimal, udang tidak mudah stres dan bisa menyerap nutrisi pakan dengan maksimal.