cara memberi pakan ikan gurame
cara memberi pakan ikan gurame

Jenis Pakan & Cara Memberi Pakan Ikan Gurame yang Tepat

Salah satu faktor sukses budidaya ikan gurame adalah dengan mengetahui cara memberi pakan ikan gurame yang tepat. Misalnya saja kadar protein yang dibutuhkan ikan gurame.

Ikan gurame menjadi salah satu komoditas perikanan dengan peminat yang cukup banyak dan tersebar ke seluruh Indonesia. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia menyukai ikan air tawar ini. Karenanya tak heran bila bisnis budidaya ikan gurame sangat menggiurkan.

Kendati demikian, perlu Bapak/Ibu ingat bahwa kesuksesan budidaya adalah saat Bapak/Ibu mendapatkan hasil panen dengan bobot ikan yang ideal. Untuk mendapatkannya, Bapak/Ibu harus mengetahui komposisi pakan ikan gurame dan cara pemberian pakannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Komposisi Pakan Ikan Gurame

Pakan ikan gurame yang diproduksi pabrik banyak direkomendasikan karena mudah didapatkan dan cara pemberiannya sangat mudah, hanya perlu ditebarkan. Namun, ternyata jika hanya memberikan pakan buatan dari pabrik saja tidak direkomendasikan karena akan membuat daging gurame jadi lembek. Oleh karena itu, komposisi pakan ikan gurame yang ideal adalah pemberian pakan yang mengandung protein hewani dan nabati.

Kadar protein ideal untuk induk ikan gurame berkisar antara 25-28% dan vitamin E sebanyak 750 mg/kg untuk mempercepat recovery induk betina dan meningkatkan produktivitasnya, sebab induk betina gurame membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk memproduksi telur.

Untuk pakan nabati, Bapak/Ibu dapat menggunakan hijauan mi yang melingkupi daun sente, daun singkong, daun ubi jalaƧ, daun talas, daun kelad, ampas tahu, dedak, daun pepaya, bungkil kacang daun ubi kayu, kangkung, dan tanaman air atau tanaman darat yang masih muda. Adapun untuk pemberian enzim kompleks pada pakan, Bapak/Ibu dapat memberikan campuran pakan hewani dan nabati sebanyak 2%/kg.

Berdasarkan pengalaman Pembudidaya profesional, pemberian pakan nabati dapat diberikan saat benih berusia kira-kira 3,5 tahun atau saat seukuran korek. Pakan yang tepat untuk benih gurame yakni daun sente ataupun sejenis talas-talasan.

Pemberian pakan untuk proses pembesaran gurame tergantung dari ukuran ikannya. Berikut ini daftar komposisi pakan ikan gurame berdasarkan ukurannya, antara lain:

  1. Ikan gurame berukuran 3-5 cm membutuhkan pakan dengan kadar protein sebesar 38%.
  2. Ikan gurame berukuran 5-15 cm membutuhkan pakan dengan kadar protein sebesar 22-28%.
  3. Ikan gurame berukuran lebih dari 15 cm membutuhkan pakan dengan kadar protein sebesar 24-28%.

Cara Memberi Pakan Ikan Gurame yang Benar

Cara memberi pakan ikan gurame sebanyak 2 kali sehari yakni di pagi dan sore hari. Adapun dosis pakan buatan berupa pelet diberikan berkisar antara 1-3% per hari dari bobot biomassa. Sedangkan untuk pemberian pakan nabati atau hijauan Bapak/Ibu dapat memberikan pakan dengan dosis 1-2% per hari dari bobot biomassa dengan frekuensi pemberian pakan hijauan sebanyak 1 kali sehari.

Kemudian, ada beberapa hal yang perlu Bapak/Ibu perhatikan perihal pemberian pakan. Pertama adalah jumlah pakan di pagi hari dan sore hari berbeda. Biasanya pemberian pakan di sore hari lebih banyak daripada pagi hari.

Lalu cara memberikan pakannya, sebaiknya tebar pakan untuk ikan gurame sedikit demi sedikit. Terakhir, dosis pakan akan bertambah seiring bertambahnya bobot biomass gurame. Bapak/Ibu dapat melakukan sampling untuk mengetahui rata-rata bobot gurame. Lakukan sampling sebanyak 2 minggu sekali.

Tips untuk memilih pakan gurame yang tepat, antara lain:

  1. Memilih produk pakan buatan (pelet) yang telah terjamin testimoni dari sesama Pembudidaya.
  2. Memperhatikan komposisi pakan ikan gurame yang tertulis pada kemasan.
  3. Memilih pakan berdasarkan kebutuhan, apakah pakan untuk proses pembenihan atau pembesaran. Sebab jenis pakan akan berhubungan antara ukuran pelet dengan usia ikan dan tekstur pelet yang lembut, kasar, berukuran besar atau sedang.
  4. Memperhatikan kualitas kemasan atau kantong pembungkus pakan. Pilih pakan yang memiliki kemasan bagus dan tidak sobek atau berlubang.
  5. Cermat dalam membaca tanggal kedaluwarsa.

Beli Pakan Gurame Berkualitas di eFishery dan Transaksi Pakai Kabayan

Meskipun terlihat sepele, tetapi pemilihan pakan untuk ikan sangat krusial dan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan. Oleh karena itu, sebaiknya Bapak/Ibu Pembudidaya membeli pakan ikan berkualitas di tempat yang terpercaya seperti eFisheryKu.

Selain terjamin kualitasnya, beli pakan di eFisheryKu juga makin mudah dan praktis dengan Kabayan. Kabayan adalah program yang bisa mempermudah akses Bapak/Ibu ke institusi finansial yang terpercaya, terdaftar, dan diawasi OJK. Dengan Kabayan, Bapak/Ibu bisa mendapatkan pakan dan sarana budidaya lainnya dengan sistem pembayaran tempo.

Yuk, akses Kabayan dengan mengisi formulir di bawah ini!

Dapatkan Akses ke Lembaga Finansial yang Terpercaya, Terdaftar & Diawasi OJK!

Isi data diri Bapak/Ibu di formulir berikut ini. Tim kami akan segera menghubungi Bapak/Ibu melalui nomor handphone yang terlampir. Pastikan data yang diisi sudah benar.

Pertanyaan Seputar Cara Memberi Pakan Ikan Gurame

Cara memberi pakan ikan gurame sebanyak 2 kali sehari yakni di pagi dan sore hari. Adapun dosis pakan buatan berupa pelet diberikan berkisar antara 1-3% per hari dari bobot biomassa. Sedangkan untuk pemberian pakan nabati atau hijauan Bapak/Ibu dapat memberikan pakan dengan dosis 1-2% per hari dari bobot biomassa dengan frekuensi pemberian pakan hijauan sebanyak 1 kali sehari.

Cara memberi pakan ikan gurame yakni dengan memberikan pakan sebanyak 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari. Dosis pemberian pakan di sore hari lebih banyak daripada pagi hari. Kemudian berikan juga pakan nabati atau pakan hijauan sebanyak 1 kali sehari.

  • https://www.minapoli.com/info/begini-cara-pemberian-pakan-ikan-gurami-yang-baik
  • https://www.pertanianku.com/informasi-penting-tentang-pakan-ikan-gurami/
  • https://www.pertanianku.com/begini-cara-pemberian-pakan-ikan-gurami-yang-baik/
  • https://www.poultryshop.id/2016/10/waktu-dan-cara-yang-baik-untuk.html
  • https://www.poultryshop.id/2016/10/pilih-dan-sesuaikan-pakan-dengan-umur.html
  • https://www.poultryshop.id/2016/10/kebutuhan-pakan-ikan-gurami.html