bibit ikan mas
bibit ikan mas

Ini Dia Cara Mudah Memilih Bibit Ikan Mas Berkualitas Tinggi

Memilih bibit ikan mas yang berkualitas tinggi adalah langkah awal yang tepat untuk memulai usaha budidaya. Faktor utama yang menentukan keberhasilan budidaya ikan mas adalah penyediaan bibit ikan mas yang unggul. Untuk mendapatkannya, Bapak/Ibu perlu mengetahui cara memilih bibit ikan mas yang berkualitas.

Budidaya ikan mas cukup mudah dilakukan, karena dapat dilakukan di berbagai jenis lingkungan, seperti kolam tanah, kolam air deras, keramba, bahkan jaring terapung. Apapun kolam yang Bapak/Ibu miliki, dapat berpotensi besar untuk menghasilkan keuntungan.

Selain itu, keunggulan budidaya ikan mas lainnya adalah Bapak/Ibu dapat memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar, namun tetap dapat profit yang menggiurkan karena harga jualnya tinggi. Oleh karena itu, Bapak/Ibu perlu melengkapi pengetahuan tentang cara memilih bibit ikan mas berkualitas. Baca selengkapnya di sini, ya!

Prospek Bisnis Bibit Ikan Mas

Siapa sangka ternyata bisnis bibit ikan mas konsumsi bisa menjadi pilihan instrumen investasi yang menguntungkan bila dilakukan dengan tekun dan serius. Hal tersebut, dikarenakan kebutuhan ikan mas setiap periode tidak pernah menurun.

Masyarakat Indonesia seakan tidak pernah bosan dengan keberadaan ikan satu ini. Tak heran jika ikan mas memiliki pangsa pasar yang luas dan popularitasnya tidak pernah turun.

prospek bisnis bibit ikan mas
Sumber: Alfa Farm

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, harga ikan mas terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Hal tersebut dikarenakan makin banyaknya permintaan atas ikan bergizi tinggi ini.

Prospek bisnis bibit ikan mas sangat menarik untuk dicoba, karena masih banyak Pembudidaya yang terkendala oleh pembibitan ikan mas. Apabila Bapak/Ibu melakukan bisnis ini sekaligus dengan proses pembesaran, keuntungan yang didapatkan akan berlipat ganda dan berpotensi menghasilkan keuntungan besar saat panen tiba.

Dengan adanya usaha pembibitan ikan mas, diharapkan dapat membantu mengatasi dan memenuhi permintaan benih yang makin meningkat. Sehingga, kekurangan benih tidak lagi menjadi kendala dalam usaha budidaya.

Jenis dan Ukuran Bibit Ikan Mas

Idealnya, ukuran benih ikan mas yang akan dibesarkan dikelompokkan menjadi empat, yaitu:

  1. Benih ikan mas ukuran 2-3 cm
  2. Benih ikan mas ukuran 3-5 cm
  3. Benih ikan mas ukuran 4-6 cm
  4. Benih ikan mas ukuran 5-7 cm

Dengan ukuran yang sama dalam satu kolam, benih ikan mas akan memiliki pertumbuhan yang relatif seragam dan meminimalkan risiko mati massal atau kanibalisme, akibat adanya benih yang berukuran lebih besar.

Benih ikan mas yang ditebar dalam kolam akan dibesarkan hingga ukurannya mencapai standar ukuran ikan yang layak dikonsumsi, yakni 300-400 gram/ekor. Biasanya, berat ikan akan mencapai ukuran tersebut saat usia ikan mencapai 6-8 bulan. 

Berikut ini adalah harga bibit ikan mas sesuai dengan jenisnya:

daftar harga bibit ikan mas

*Harga dapat berubah tergantung pada pasar dan area

Estimasi harga bibit ikan mas pada tabel di atas dapat berubah tergantung pada pasar dan area. Perbedaan harga ikan mas per kilo-nya bisa dikarenakan ketidaksamaan harga pakan, biaya transportasi, dan biaya operasional.

Cara Memilih Bibit Ikan Mas Berkualitas

Terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit ikan mas berkualitas tinggi dan unggul. Hal tersebut diharapkan agar ikan mas dapat tumbuh besar hingga standar berat ikan yang dapat dikonsumsi manusia.

Berikut tips memilih bibit ikan mas yang berkualitas dan unggul:

1. Riset Pedagang

Bapak/Ibu perlu melakukan riset ke beberapa pedagang bibit ikan mas. Tujuannya, untuk mencari tahu apakah ikan mas yang ditawarkan oleh pedagang tersebut berkualitas baik atau tidak. Caranya cukup mudah, Bapak/Ibu hanya perlu melihat kondisi fisik benih ikan mas.

2. Perhatikan Kondisi Fisik Bibit Ikan Mas

Tips selanjutnya adalah Bapak/Ibu perlu memastikan kondisi fisik bibit ikan mas. Dengan memperhatikan hal tersebut, dapat mempercepat proses pembesaran bibit dan meminimalkan bibit terserang penyakit dan virus.

Berikut adalah ciri-ciri fisik bibit ikan mas berkualitas baik dan unggul:

  • Bibit ikan aktif berenang.
  • Bibit berukuran seragam dengan tingkat keseragaman > 95%.
  • Bibit ikan tidak cacat fisik dan terdapat luka.
  • Gerakan bibit ikan lincah dan gesit.
  • Terbebas dari serangan penyakit.
  • Respon cepat terhadap pakan.
  • Bibit ikan memiliki bentuk ekor terbuka, lebar, dan tebal.

Setelah Bapak/Ibu mengetahui cara memilih bibit yang berkualitas, Bapak/Ibu perlu mengetahui cara penebaran bibit pada kolam budidaya. Caranya adalah Bapak/Ibu perlu mengadaptasikan bibit dengan kondisi air kolam terlebih dahulu.

Saat proses budidaya berlangsung, Bapak/Ibu dapat memberikan pakan bibit ikan mas dengan ukuran yang sesuai bukaan mulutnya. Sebaiknya, Bapak/Ibu juga perlu memberikan vitamin dan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan dan kekebalan tubuh ikan.

Selain itu, Bapak/Ibu disarankan untuk rutin mengecek kualitas air kolam. Hal tersebut adalah langkah untuk mendukung kelangsungan hidup ikan yang sedang Bapak/Ibu budidayakan.

Kembangkan Bisnis Budidaya Ikan Mas Pakai Kabayan di eFisheryKu

Jika dilihat dari prospek bisnis bibit ikan mas, usaha ini tidak kalah menguntungkan dengan bisnis pembesaran. Namun, Bapak/Ibu harus selalu melakukan upaya untuk meraih keuntungan maksimal dalam pembibitan ikan mas agar tidak merugi.

Namun, apabila Bapak/Ibu memiliki kendala ketika ingin mengembangkan budidaya ikan mas, ada Kabayan* di aplikasi eFisheryKu! Kabayan merupakan bantuan akses ke lembaga keuangan yang terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh OJK.

Dengan adanya Kabayan, Bapak/Ibu bisa mendapat pakan, benih, dan sarana produksi lainnya yang bisa dibayar setelah panen. Keuntungan menggunakan Kabayan lainnya adalah proses cepat, bunga rendah, persyaratan mudah, akad perjanjian bisa secara syariah, pemesanan pakan atau saprokan melalui aplikasi, serta promo menarik lainnya. Pengajuan Kabayan pun juga mudah, Bapak/Ibu dapat mendaftar melalui aplikasi eFisheryKu.

Tunggu apa lagi? Nikmati berbagai kebermanfaatan Kabayan dengan mengisi form di bawah ini!

Dapatkan Akses ke Lembaga Finansial yang Terpercaya, Terdaftar & Diawasi OJK!

Isi data diri Bapak/Ibu di formulir berikut ini. Tim kami akan segera menghubungi Bapak/Ibu melalui nomor handphone yang terlampir. Pastikan data yang diisi sudah benar.

Salah satu institusi finansial yang berdedikasi dalam mewujudkan program Kabayan adalah Amartha. Mari berkenalan dengan Amartha!

kabayan efishery amartha

Amartha merupakan sebuah platform prosperity yang menyediakan layanan keuangan inklusif bagi ekonomi akar rumput melalui teknologi. Amartha berkolaborasi dengan eFishery untuk memberikan akses permodalan inklusif kepada pembudidaya dalam ekosistem eFishery, guna memajukan bisnis budidaya ikan. Bapak/Ibu dapat mengakses permodalan mulai dari 5 – 100 juta rupiah yang bisa digunakan untuk meningkatkan produksi budidaya ikan. Yuk, klik di sini untuk mengenal Amartha dan belajar mengenai tips bisnis lebih jauh!

Tunggu apa lagi? Dengan Kabayan*, Bapak/Ibu dapat mengembangkan bisnis budidaya impian Bapak/Ibu dengan aman, karena didukung oleh lembaga finansial yang terdaftar dan diawasi OJK. Salah satunya adalah Amartha! Ayo, kembangkan bisnis budidaya ikan mas Bapak/Ibu bersama eFishery!

*Untuk program Kabayan, eFishery bekerja sama dengan pihak ketiga yang diawasi/berizin dari OJK.

  • https://alfafarm.co.id/blog/trik-memilih-bibit-ikan-mas-berkualitas-ala-peternak-samarinda/
  • https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-memilih-benih-ikan-mas-yang-baik/111396
  • https://reportasee.com/benih-ikan-mas-berkualitas/